Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Drill Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD N 4 Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021

Himawan, Enggar Yahya (2021) Implementasi Metode Drill Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD N 4 Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ENGGAR YAHYA HIMAWAN 1501010172 - Anugrah Fotocopy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Belajar merupakan suatu proses usaha untuk memperoleh suatu perubahan tingkahlaku yang baru secara keseluruhan, sebagai pengalamanya sendiri dalam interaksi dengan lingkunganya untuk mencapai hasil berupa pengetahuan, sikap pemahaman, dan ketrampilan. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dibutuhkan guru lain untuk mengobservasi peneliti atau observer untuk memberikan nilai sesuai instrumen yang telah disiapkan. Untuk itu seorang guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang aktif agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh metode Drill, serta mengetahui hasil belajar PAI kelas IV SD N 4 Hargomulyo.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD N 4 Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 15 siswa yang dirancang dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari :perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan setiap siklusnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Drill pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVSD N 4 Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,67 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75,00%. Hasil tersebut membuktikan bahwa tercapainya ketuntatasan hasil belajar siswa dengan nilai KKM ≥75 sehingga dapat dinyatakan telah mencapai atau melebihi taraf indicator keberhasilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:54
Last Modified: 31 Aug 2021 04:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item