Janah, Miftakhul (2020) Strategi Promosi Pengembangan Wisata Kuliner Taman Cery Glompong (Studi Kasus Taman Cery Glompong Bandar Jaya). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
_SKRIPSI MIFTAKHUL JANAH(1) - Miftakhul Janah.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Strategi Promosi merupakan langkah yang wajib diperhitungkan dalam rangkaian kegiatan manajemen pemasaran.Aktivitas pada Strategi Promosi ialah langkah dibidang pemasaran berbentuk interaksi ataupun komunikasi yang dijalankan perusahaaan dengan konsumen ataupun pelanggan.Taman Cery Glompong merupakan tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga dan anak-anak muda dan Taman Cery Glompong ini adalah tempat wisata sekaligus kuliner.Taman Cery Glompong beralamat di Jl. Manggis No, 23 lingkungan3, Kelurahan Bandar Jaya barat, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.Pada tahun 2015 Glompong melakukan strategi promosi secara online dan offline melalui media digital yaitu radio, facebook dan melalui orang per orang untuk memasarkan produknya.
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan usaha wisata Taman Cery Glompong di Bandar Jaya yang dikaji berdasarkan kekuatan dan kelemahan dari segi produk dan segi harga wisata kuliner Taman Cery Glompong guna untuk meminimalisir kesalahan dan meningkatkan kualitas produk dan harga pada usaha yang dijalankan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan taknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi.Metode sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling yang diperuntukan bagi pengelola wisata kuliner dan 8 pengunjung yang sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa taman Cery Glompong memiliki kekuatan dan kelemahan dari segi produk dan harga yaitu dimana rata-rata pengunjung mengatakan bahwa menunya yang bervariasi, sedangkan dari segi harga pengunjung lebih banyak mengatakan bahwa harga produk yang ada di taman Cery Glompong standar untuk pengunjung, selain itu di taman Cery Glompong tidak hanya menyediakan makanan siap saji melainkan menyediakan produk mentah yang dikemas seperti bakso dan mie gilingan. Di taman Cery Glompong terdapat kelemahan yang terdapat pada produk, rasa yang ditawarkan tidak berbeda dengan produk yang sama namun tidak memiliki merk yang sudah terkenal seperti merk Glompong, kelemahan juga terdapat pada pelayanannya seperti halnya pelayanannya yang terbilang lama untuk memesan seporsi menu sehingga pengunjung dibuat menunggu terlalu lama dan diharuskan membawa pesanannya sendiri. Kelemahan dari segi harga hanya terdapat pada biaya sewa Odong-odong yang mahal untuk 3 kali putaran dikenakan biaya Rp. 25.000.
Kata Kunci : Promosi, Pengembangan, Wisata Kuliner
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 04:56 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 04:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4286 |
Actions (login required)
View Item |