Saputra, Andi (2020) Strategi Bisnis Pasar Tradisional Dalam Menghadapi Perkembangan Bisnis Retail Di Sumbersari Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANDI SAPUTRA - andi saputra.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pasar merupakan tempat terjadinya kegiatan ekonomi. Pasar tempat terjadinya transaksi bertemunya penjual dalam memasarkan dagangannya dan pembeli yang ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di dalam pasar interaksi yang sering terjadi adanya sistem tawar menawar antara penjual dan pembeli. Pasar seperti ini disebut dengan pasar tradisional, tetapi pada umumnya pasar tradisional di seluruh indoneisa fasilitas kenyamanan yang menjadi masalah utama. Keberadaan bisnis retail saat ini tidak dapat dibendung seiring dengan perubahan pemikiran dan perilaku konsumsi masyarakat. Lahirnya perusahaan retail dipengaruhi oleh gaya hidup modern yang menganut paham hedonisme. Kini keberadaanya dikhawatirkan dapat mempengaruhi peran pasar tradisional dalam kehidupan masyarakat. Kendatipun demikian keberadaan pasar tradisional tidak dapat dikesampingkan dalam menopang perekonomian masyarakat menengah ke bawah. Tetapi ternyata keberadaan bisnis retail mempengaruhi pendapatan pedagang pasar tradisional.
Adapun pertanyaan penelitian ini adalah strategi apa yang dilakukan oleh pedagang tradisional dalam menghadapi perkembangan bisnis retail di Sumbersari Sekampung Lampung Timur? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh pedagang tradisional dalam menghadapi perkembangan bisnis retail di Sumbersari Sekampung Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah field research, atau penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara interview, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara yuridis kualitatif yang kemudian akan di analisis untuk di tarik suatu kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh pedagang tradisional dalam menghadapi perkembangan bisnis retail di Sumbersari Sekampung Lampung Timur yaitu, harga yang terjangkau atau harga yang adil, artinya harga yang diberikan kepada konsumen yaitu hasil proses tawar menawar yang dilakukan, kualitas produk terbaik sesuai dengan keinginan konsumen, pelayanan yang terbaik yakni ramah tamah dan sabar, iklan, dan menjalin hubungan silatuhrahmi antar pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 04:56 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 04:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4287 |
Actions (login required)
View Item |