Huda, Ananda Pahmil (2021) Pengembangan Ekonomi Kreatif Kopi dalam Managemen Bisnis Islam (Di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NANDA - Putra Aquarius.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan berusaha mencari strategi yang tepat dalam memasarkan produknya. Ciri dan daya tarik pada suatu produk dapat dilakukan dengan pengembangan produk, dengan pengembangan produk yang baik dapat menambah citra atau nilai positif dari suatu produk. Secara keseluruhan, untuk menciptakan produk baru yang berhasil, perusahaan harus memahami pelanggannya, pasar, dan pesaing serta mengembangkan produk yang memberikan nilai yang unggul bagi pelanggan. Perusahaan harus mempunyai rencana produk baru yang kuat dan mempersiapkan proses pengembangan produk baru yang sistematis untuk menemukan dan mengembangkan produk-produk baru. Perusahaan harus mampu memberikan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk itu perusahaan harus mampu mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing tentang produk perusahaan kepada konsumen. Seperti bisnis yang terdapat Di Bukit Kemuning yaitu produk kopi Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif Kopi Dalam Managemen Bisnis Islam (Di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Risearch), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan 4 Orang Pemilik usaha kopi di Bukit Kemuning dan 4 orang Pelanggan. Sumber data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan metode berfikir deduktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan produk kopi di Bukit Kemuningsudah berkembang dengain baik dilihat dari peningkatan hasil penjualan periode sebelumnya Apabila ditinjau dari sisi bisnis Islam bahwa Perkembangan produk kopi dapat dikatakan sudah baik dan sesuai dengan kaidah bisnis Islam. Hal tersebut dilakukan dengan produk yang halal, bermutu dan berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat dan tidak ada unsur gharar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 02:02 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 02:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4298 |
Actions (login required)
View Item |