Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Strategi Pemasaran Pada Produk Funding Terhadap Peningkatan Loyalitas Nasabah BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung

Hidayah, Amalia Nur (2021) Dampak Strategi Pemasaran Pada Produk Funding Terhadap Peningkatan Loyalitas Nasabah BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI_AMALIA_NUR_HIDAYAH - Anugrah Fotocopy.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Pemasaran pada bank merupakan suatu proses untuk menciptakan dan mempertukarkan produk atau jasa bank yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cara memberikan kepuasan sehingga menciptakan nasabah yang loyal. Strategi pemasaran pada bank berdasarkan prinsipnya terdiri dari: 1) Strategi Penetrasi Pasar, 2) Strategi Pengembangan Produk, 3) Strategi Pengembangan Pasar, 4) Strategi Diversifikasi, 5) dan Strategi Integrasi. Dalam menunjang keberhasilan strategi pemasarannya terdapat konsep pemasaran yang mempunyai seperangkat alat pemasaran yang sifatnya dapat dikendalikan yaitu lebih dikenal dengan sebutan marketing mix (bauran pemasaran) 7P, yang terdiri dari: a) Product, b) Price, c) Place, d) Promotion, e) People, f) Process, g) dan Physical Evidence. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pentingnya promosi dilakukan guna memperkenalkan serta memperluas informasi terhadap produk yang dimiliki sehingga produk dapat lebih dikenal dan digunakan dimasyarakat luas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana dampak strategi pemasaran pada produk funding terhadap peningkatan loyalitas nasabah BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung dan faktor yang menyebabkan turunnya jumlah nasabah di tahun 2019 pada BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada manager operasional, Funding Officer, Account Officer, dan nasabah, cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keterangan dan data penelitian. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data mengenai profil PT. BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan cara berfikir induktif. Penelitian ini berangkat dari fakta dilapangan untuk digeneralisasikan berdasarkan teori-teori yang ada.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pertama, dampak dari strategi pemasaran yang paling berpengaruh terhadap loyalitas adalah strategi pengembangan produk. Strategi ini berhasil meningkatkan loyalitas dari nasabah dengan penilaian loyalitas dilihat dari konsistensinya dalam menghimpun dana di BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung. Selanjutnya diketahui faktor yang menyebabkan meningkatkan loyalitas adalah faktor price. Faktor price ini membuat nasabah tertarik dan terus konsisten dalam menghimpun dana di BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:23
Last Modified: 10 Sep 2021 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item