Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MI Al-Imam Metro Kibang

Piranti, Latipa (2020) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MI Al-Imam Metro Kibang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LATIPA PIRANTI - Ltf98_.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kedisiplinan belajar adalah suatu peraturan atau tatat ertib yang ditunjukan kepada siswa dalam menaati dan mematuhi aturan-aturan yang dilakukan di sekolah baik yang boleh dilakukan maupun yang tidak boleh dilakukan sehingga dapat menyebabkan perubahan tingkah laku secara keseluruhan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MI AL-Imam metro Kibang. penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokomentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling, dan siswa MI AL-Imam Metro Kibang. Peneliti melakukan observasi terkait peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Dokomentasi dilakukan dengan cara untuk memperoleh data yang terkait dengan sejarah singkat, visi dan misi, keadaan sarana dan prasarana, dan struktur organisasi MI AL-Imam Metro Kibang.

Dari hasil penelitian, ternyata peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MI AL-Imam Metro Kibang belum berjalan dengan baik hal ini terbukti dari masih banyaknya siswa yang melanggar peraturan yang ditetapkan oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:24
Last Modified: 10 Sep 2021 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item