Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Jahriyah Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif 20 Kalidadi

Jauharoh, Alfina (2021) Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Jahriyah Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif 20 Kalidadi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Uploud skripsi - Alfina Jauharoh.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Dari hasil prasurvey pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif 20 Kalidadi Kalirejo Lampung Tengah tahun ajaran 2020/2021 ditemukan masalah yang berkenaan dengan kesulitan siswa dalam ketrampilan membaca terutama membaca secara nyaring (membaca jahriyah), yaitu siswa kurang fasih dalam melafalkan makhorijul huruf, menyesuaikan intonasi dan tanda baca.

Berdasarkan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru bahasa arab dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca jahriyah siswa kelas VIII MTs Ma’arif 20 Kalidadi Lampung Tengah tahun ajaran 2020/2021.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) yang mengambil lokasi di MTs Ma’arif 20 kalidadi Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah mencakup data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya berupa pengamatan (observation) wawancara (interview) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification).

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi yang guru gunakan dalam proses pembelajaran maharah qira’ah di MTs Ma’arif 20 Kalidadi sudah bagus yaitu guru menggunakan pendekatan dan metode struktur dan scientific method, tanya jawab, contextual teaching and learning, guru juga mengguakan beberapa media seperti papan tulis, spidol, gambar dan lain lain. Strategi tersebut digunakan guru untuk memperbaiki siswa yang kurang fasih dalam melafalkan huruf hijaiyah, menyesuaikan intonasi dan tanda baca. Dari beberapa strategi yang digunakan oleh guru, siswa kelas VIII MTs Ma’arif 20 kalidadi sudah mulai memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dari sebelumnya meskipun masih terbata-bata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:24
Last Modified: 10 Sep 2021 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item View Item