Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Dalam Mengatasi Hambatan Belajar Membaca Pada Kelas B di Taman Kanak-Kanak (TK) AlQuran Wahdatul Ummah Metro Timur

Aini, Lekar (2020) Upaya Guru Dalam Mengatasi Hambatan Belajar Membaca Pada Kelas B di Taman Kanak-Kanak (TK) AlQuran Wahdatul Ummah Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi lekar - Ltf98_.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Namun masalah yang terlihat pada anak dalam hambatan belajar membaca ada sekitar 7 orang yang dialami oleh anak masih banyak yang belum dimengerti, sedangkan menurut orangtua nya menuntut anak kepada pendidik atau peran guru sehingga dapat membaca dengan baik. Dan hambatan belajar membaca merupakan gangguan yang ada di dalam proses psikologis dan mencakup pemahaman atau penggunan bahasa, tulisan, gangguan tersebut membuktikan bahwa menampakan diri dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berfikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja, atau berhitung. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana upaya guru dalam mengatasi hambatan belajar membaca pada kelas B di taman kanak-kanak Al-quran (TK) Wahdatul Ummah Metro Timur? 2). Apakah faktor penghambat dan faktor pendukung upaya guru dalam mengatasi hambatan belajar membaca pada kelas B di taman kanak-kanak (TK) Al-quran Wahdatul Ummah Metro Timur? Tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukan adanya hasil yang diperoleh setelah penelitian. adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi hambatan belajar membaca pada kelas B di taman kanak-kanak (TK) Al-quran Wahdatul Ummah Metro Timur dan juga untuk mengetahui faktor penghambatat dan faktor pendukung upaya guru dalam mengatasi hambatan belajar membaca membaca pada kelas B di taman kanak-kanak Al-quran Wahdatul Ummah Metro Timur

Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif merupakan penelitin yang mengungkap suatu fenomena melalui deskripsi bahasa non-statistik secara holistic. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, observasi. Tehnik analisis data digunakan dengan mengumpulan data berupa dokumentsi, poto, vidio.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengatasi hambatan belajar membaca pada kelas B di taman kanak-kanak (TK) Al-quran Wahdatul Ummah Metro Timur adalah memberi semangat dalam belajar membaca kepada anak usia dini, memberi media yang dapat digunakan untuk peroses belajar membaca serta dibimbing dengan orang tua nya dirumah. Faktor penghambat merupakan dari lingkungan di sekitar nya, kurang bimbingan dan anak kadang-kadang mut nya kurang tertarik dalam kondisi untuk belajar membaca. Faktor pendukung nya adalah alat-alat media yang memadai untuk belajar anak nya, kelas nya yang membuat nyaman dan kondisi yang bersih.

Kata Kunci: Upaya Guru, Hambatan Belajar Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:24
Last Modified: 10 Sep 2021 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item