Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Kelas IV SD Negeri 02 Metro Utara Tahun 2019/2020

Sellawati, Debi Merta (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Kelas IV SD Negeri 02 Metro Utara Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DEBI MERTA SELAWATI - ratna sari.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan guru harus pandai memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik. Penggunaan model pengajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan alat untuk mencapai tujuan, perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan syarat terpenting sebelum seseorang menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model snowbal throwing. Prinsipnya model pembelajaran Snowball Throwing membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok mempunyai satu orang ketua yang akan menjelaskan materi yang diberikan guru kepada anggota kelompoknya. Lalu tiap anak menulis satu pertanyaan dan dilempar seperti bola salju kepada siswa lain. Selain itu pembagian kelompok ini bertujuanagar siswa dapat berkolaborasi dengan teman, lingkungan dan guru, sehingga diharapkan setiap siswa akan siap dalam kegiatan pembelajaran dan merangsang siswa untuk belajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah “Apakah dengan Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 02 Metro Utara? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Metro Utara. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis data ini dihitung dengan menggunakan rumus statisti k sederhana.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 2 Metro Utara. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 43% dan pada siklus II sebesar 75%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesa r 32% artinya hasil belajar siswa yang memenuhi KKM ≥ 70 mencapai 75% di akhir siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:29
Last Modified: 10 Sep 2021 01:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item