Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun Di RA Perwanida Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Puspita, Widya Tria (2021) Upaya Guru Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun Di RA Perwanida Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WIDYA - Widya Tria.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang upaya guru meningkatkan perkembangan bahasa melalui media kartu huruf pada kelompok usia 4-5 tahun di RA Perwanida Lampung Timur, terdapat permasalahan yang di temukan, yaitu ada beberapa anak yang belum berkembang bahasanya dan ada beberapa anak yang sudah berkembang. Hal tersebut terjadi karena anak-anak kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran dan cenderung bermain sendiri.

Pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru meningkatkan perkembangan bahasa melalui media kartu huruf pada kelompok usia 4-5 tahun di RA Purwanida Lampung Timur, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya guru meningkatkan perkembangan bahasa melalui media kartu huruf pada kelompok usia 4-5 tahun di RA Purwanida Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf dalam pengembangan bahasa di RA Purwanida Lampung Timur, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung upaya guru meningkatkan perkembangan bahasa melaui media kartu huruf di RA Purwanida Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di RA Purwanida Lampung Timur. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data Primer dan sumber data Sekunder. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat di simpulkan bahwa Faktor penghambat dan faktor pendukung meningkatkan perkembangan bahasa, yang pertama adalah faktor pendukung yaitu dari keinginan dan dorongan berkomunikasi dengan teman sebaya. Bahwa semakin kuat keinginan anak untuk berkomunikasi dengan temannya maka akan semakin berkembang bahasanya. Faktor penghambat yang di hadapi adalah faktor Keluarga, komunikasi yang kurang antara orang tua terhadap anak dapat menjadi penghambat perkembangan bahasa anak.

Kata Kunci : Kartu Huruf, Perkembangan Bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:30
Last Modified: 10 Sep 2021 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item View Item