Saputra, Dedi (2020) Pengaruh Budaya Sekolah dan Lingkungan Belajar Terhadap Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
DEDI SAPUTRA, M.Pd - Dedi Saputra.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Budaya sekolah dipandang sebagai eksistensi suatu sekolah yang terbentuk dari hasil saling mempengaruhi antara tiga faktor, yaitu sikap dan kepercayaan orang dilingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah, norma budaya sekolah dan hubungan antara individu yang ada di sekolah. Lingkungan sekolah berfungsi mendukung terlaksanya proses dan kegiatan pendidikan agar belajar lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kondusif bagi kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan pada beberapa asumsi dasar yang telah dijelaskan, maka pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah budaya sekolah berpengaruh terhadap akhlak siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro ?. Apakah lingkungan belajar berpengaruh terhadap akhlak siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro, Apakah budaya sekolah dan lingkungan belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap akhlak siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro ?, Dan Hipotesis budaya sekolah dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap akhlak siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro.
Sifat dari penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah “ field Research’ dengan melihat kondisi wilayah dan jumlah dari populasi, jumlah sempelnya 60 siswa. Alat pengumpul datanya menggunakan Questioner, observasi serta dokumentasi dan untuk teknik analisa data menggunakan rumus regresi ganda.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa budaya sekolah berpengaruh terhadap Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota metro yaitu dengan menggunakan uji t . adapun hasil dari t hitng yaitu 0,935 dan dalam penentuan t tabel dengn rumus df=n-k-l atau 60-5-1=54 didapat t tabel sebesar 0,273. Dapat diketahui bahwa t hitung ( 0,935)>t tabel (0,273) jadi hipotesis Ha diterima dan hipotesis nol ( Ho) ditolak. Hasil analisis lingkungan belajar berpengaruh terhadap Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro yaitu dari t hitung yaitu 1,019 dan dalam penentuan tabel dengan rumus df=n-k-l atau 60-5- 1=54 didapat t tebel sebesar 0,273. Dapat diketahui bahwa thitung (1,019)> t tabel (0,273) jadi hipotesis Ha Diterima dan hipotesis Ho Ditolak.
Hal ini berarti bahwa budaya sekolah dan lingkungan belajar bersama-sama berpengaruh terhadap Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro pengujian kepengaruhan dari budaya sekolah dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar, maka dengan menentukan f hitung dan f Tabel adapun f hitung sebesar 0.951 sedangkan f tabel signifikan 0,05 sebesar 0,250, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa f hitung (0,951)>F tabel(0,250) Jadi hipotesis Ha diterima dan Hipotesis (Ho) nol ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 02:07 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 02:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4355 |
Actions (login required)
View Item |