Andriyani, Yulisa (2021) Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
YULISA ANDRIYANI - Yulisa Andiyani.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa. Dalam pembelajaran yang demikian, siswa tidak lagi ditempatkan dalam posisi sebagai penerima bahan ajaran yang diberikan guru, tetapi sebagai subyek yang aktif melakukan proses berfikir, mencari, mengolah, mengurai, menggabung, menyimpulkan dan menyelesaikan masalah.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan pembelajaran di MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang, 2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum 2013 di MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang, 3) Bagaimana meningkatkan mutu pembelajaran di MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang. Sedangkan Tujuan dalam penelitian ini dijabarkan sebagai berikut; 1) Untuk menganalisis penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang, 2) Untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum 2013 di MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang, 3) Untuk mengetahui meningkatkan mutu pembelajaran di MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan dokumentasi, Karena wabah pandemi covid 19 membuat madrasah melakukan pembelajaran jarak jauhsehingga metode observasi tidaka bisa dilakukan. Sedangkan tehnik penjaminan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Metode analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi beserta kepala Madrasah serta para guru MA Mathla’ul Anwar Meraksa Aji Tulang Bawang, dan para dewan guru serta semua pihak agae dapat melakukan upaya perbaikan dalam setiap harinya. Guru mengelola standar isi dan mengembangkan kompetensi dan standar isi agar mampu bersaing serta Madrasah mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 02:07 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 02:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4356 |
Actions (login required)
View Item |