Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Kotabumi KC Tulangbawangbarat

Darmawan, Roni (2020) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Kotabumi KC Tulangbawangbarat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
roni skripsi-dikonversi - Sukses DwA.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Kepuasan juga merupakan sebuah fungsi dari tingkat relatif dari apa yang diharapkan dan kenyataan apa yangditerima.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Nasabah di BPRS Kotabumi. Dalampenelitianini, sampel yang diambil sebanyak 86orang nasabah BPRS Kotabumi. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik sampling Incidental. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan ujihipotesis.

Hasil penelitian yang diolah dengan program Spss Versi 16 menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,963 artinya 96,3%, Variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian kualitas pelayanan yang mana dimensinya terdiri daritangible, reliability, responsiviness, assurance dan emphaty sedangkan sisanya sebesar 3,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti atau tidak masuk dalam model regresi ini.

Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dimensi kualitas pelayanan, tangible, reliability, responsiviness, assurance, emphaty, secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) di BPRS Kotabumi. Hasil uji parsial (Uji T) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di BPRS Kotabumi adalah tangible, reliability, assurance dan emphaty. Sedangkan responsiviness tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:17
Last Modified: 15 Sep 2021 07:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4363

Actions (login required)

View Item View Item