Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru SMK Darusyafaah Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah

Masruroh, Siti (2021) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru SMK Darusyafaah Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SITI MASRUROH.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan guru SMK Darussyafaah Kotagajah Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah, Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru SMK Darusyafaah Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru tersebut..

Dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdapat guru yang mengajar belum sesuai standar akademik, masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmu di perguruan tinggi dengan mata pelajaran yang diampu di kelas, masih ada guru yang kurang disiplin kerja pada waktu masuk dan waktu pulang , masih ada guru yang kurang konsekuen dalam seragam, terdapat guru yang masih membeda-bedakan siswa dalam pembelajaran, minimnya guru dalam inovasi program pembelajaran, masih kurangnya guru yang menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran dengan maksimal serta terdapat komunikasi guru atau wali kelas dengan wali murid yang kurang lancar.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran di lapangan dan relevansinya dengan strategi kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru SMK Darussyafaah Kotagajah Lampung Tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Kemampuan guru-guru SMK Darusyafaah lampung Tengah melalui strategi kepala sekolah diharapakan dapat meningkatkan kemampuan guru secara baik, dengan memahami wawasan dan landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum dan silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, mengadakan evaluasi hasil belajar, pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). strategi kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru yakni dengan memberikan motivasi kepada guru untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi, menghimbau kepada dewan guru untuk memanfaatkan fasilitas pembelajaran, membantu menyusun perangkat pembelajaran, mengikutsertakan guru mengikuti kegiatan peningkatan kemampuan guru; (2). strategi kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru yaitu dengan pengajian, paguyuban, dan memberikan keteladanan kepada guru; (3). strategi kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan profesional seperti MGMP, seminar, diklat, penulisan karya ilmiah dan memanfaatkan fasilitas internet

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:16
Last Modified: 16 Mar 2021 07:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item