Oktarina, . (2019) Penerapan Jibavis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di SD N 2 Balekencono Kecamatan Batanghari Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI-OKTA - Julyan karisma.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu pelajaran penting di setiap sekolah, tetapi banyak terjadi bahwa pelajaran pendidikan kewarganegaraan dianggap suatu pelajaran yang membosankan. Karena pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran belum pernah menggunakan teknik dan metode mengajar dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan suatu media pembelajaran dengan penerapan Jibavis atau metode tipe jigsaw berbasis visual.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Jibavis pada kelas V pada mata pelajaran PKN semester Ganjil di SDN 2 Balekencono. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Balekencono yang berjumlah 13 siswa.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 74,61 menjadi 76,54 atau mengalami peningkatan 1,93, dan tingkat ketuntasan hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu 61,54% menjadi 76,92% atau mengalami peningkatan 15,38%, sehingga dapat dinyatakan penerapan jibavis atau metode tipe jigsaw berbasis visual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKN kelas V di SDN 2 Balekencono Kecamatan Batanghari Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 07:54 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 07:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/440 |
Actions (login required)
View Item |