Noor, Muhammad Anas (2020) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP N 03 Padang Ratu Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD ANAS NOOR - adam anggara.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian dari sumber pesan melalui saluran/media ke penerima pesan. Oleh karena itu penggunaan media sebagai salah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan sehingga peserta didik dapat belajar dengan efektif dan efisien sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Adapun pengertian media yaitu “bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya.” Sedangkan media pembelajaran adalah “segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan peserta didik sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar.”
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN 03 Padangratu tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik bidang study pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN 03 Padangratu tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Padangratu berjumah 105 siswa, dan dari 105 siswa tersebut diambil sampel sebanyak 30 siswa.
Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh harga chi kuadrat (χ2 hitung) sebesar 13,874. Kemudian harga χ2 hitung ini dibandingkan dengan harga χ2 tabel sebesar 9,488. Diperoleh nilai χ2 hitung lebih besar dari χ2 tabel. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Sedangkan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya, penulis menggunakan Koefisien Kontingensi (C). Dari pengujian C, diperoleh harga Chitung = 0,562 kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan ada pengaruh yang sangat erat antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan pengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh penerapan media pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam kelas VIII SMP N 03 Padang Ratu tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:58 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4401 |
Actions (login required)
View Item |