Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pendekatan Integratif Guru dan Orang Tua Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini di TK Khodijah Kota Metro

Istifazah, Zulfa (2020) Pendekatan Integratif Guru dan Orang Tua Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini di TK Khodijah Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Tesis Zulfa Istifazah OK PDF - Iffa Santika.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Internalisasi nilai moral terhadap anak dini sangatlah penting bagi masa depannya dan sangat kritis bagi pendidik dalam menentukan pendekatan dan metode penanaman moral yang tepat, sebab satu kekeliruan bisa menghasilkan dampak yang panjang bagi karakter dan akhlak anak di masa yang akan datang. Salah satu keunikan anak usia dini adalah mereka belum mampu mengenal konsep-konsep moral yang abstrak namun sekaligus berada pada fase terbaik untuk penanaman nilai moral.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan proses pendekatan integratif antara guru dan orang tua dalam menanamkan nilai moral anak usia dini di TK Khodijah Kota Metro dan menjelaskan berbagai faktor yang mendukung dan menghambat pendekatan tersebut.Tujuan penelitian ini berpijak pada rumusan masalah atau pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan.

Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi, dan studi dokumen. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan informasi langsung dari responden di TK Khodijah. Observasi dilakukan untuk mengamati proses penanaman moral sedangkan studi dokumen dilakukan untuk memperoleh data berupa kebijakan dan program pembelajaran terkait penanaman moral di TK Khodijah. Data yang terkumpul dianalisis dengan melakukan proses reduksi, penyajian, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) penerapan pendekatan integratif guru dan orang tua dalam penanaman moral anak usia dini terdiri atas kegiatan pendidikan parenting, peran keteladanan (role modelling), dan pembiasaan perilaku positif; 2) faktor pendukungnya terdiri atas pemahaman dan pengalaman guru, motivasi orang tua, dan kurikulum dari TK Khodijah. Faktor penghambat dari penerapan integratif dalam penanaman moral anak usia dini di TK Khodijah antara lain tingkat kesibukan orang tua, karakteristik peserta didik yang beragam dan kompleks, dokumentasi kegiatan, dan situasi pandemic.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:58
Last Modified: 27 May 2021 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4405

Actions (login required)

View Item View Item