Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan

Hasanah, Nurul (2021) Implementasi Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURUL HASANAH JURUSAN PIAUD TAHUN 2021 1601030043 - Murni Nurul Hasanah.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Anak usia dini berada pada rentang 0-8 tahun pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek yang mengalami perkembangan yang cepat, salah satu aspek perkembangan yaitu fisik motorik, penelitian dengan menggunakan metode finger painting adalah salah satu cara untuk meningkatan kemampuan motorik halus anak pada usia dini.

Pertanyaan penelitian yang ada dalam pembahasan tersebut adalah bagaimana “implementasi metode finger painting dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Kecamatan Metro Selatan dan apakah faktor pendukung dan penghambat implementasi metode finger painting dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan proses peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode finger painting.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk mengetahui teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik triagulasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang implementasi finger painting dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Kecamatan Metro Selatan menunjukkan hasil yang baik. Pada indikator gerakan otot-otot kecil anak mampu membentuk berbagai objek dengan menggunakan pewarna makanan, pada indikator koordinasi otot tangan dan mata anak dapat melukis menggunakan jari-jarinya dengan pewarna tanpa mengena pewarna di bajunya. Lalu pada indikator ketelitian anak dapat menempatkan warna yang tepat dengan lukisannya. Pada indikator keterampilan, anak mampu melukiskan bentuk daun dengan rapih maupun menirukan gambar daun, pada indikator gerak manipulasi, anak mampu melakukan gerakan manipulatif dalam mengoleskan pewarna tersebut sedangkan faktor pendukung metode ini adalah faktor genetik, keterampilan bertanya guru, keluwesan pendidik dan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat belajar, kelainan dan perlindungan.

Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Metode Finger Painting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:58
Last Modified: 27 May 2021 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item