Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Account Officer Dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Ijarah Multijasa (Studi Kasus PT. BPRS Kota Bumi KC Panaragan Jaya, Tulang Bawang Barat)

Saputra, Wahyu (2021) Peran Account Officer Dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Ijarah Multijasa (Studi Kasus PT. BPRS Kota Bumi KC Panaragan Jaya, Tulang Bawang Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
WAHYU SAPUTRA SKRIPSI - Wahyu Saputra.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Lembaga keuangan syariah adalah suatu perusahaan yang usahanya bergerak di bidang jasa keuangan yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Lembaga keuangan syariah di Indonesia sekarang ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu lembaga keuangan syariah yang berbentuk bank dan non bank. Lembaga keuangan syariah yang berbentuk bank terdiri dari Bank Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Lembaga keuangan syariah non bank meliputi asuransi syariah, pasar modal syariah, pegadaian syariah, dan pensiun syariah, usaha syariah (syirkah), zakat, wakaf, BMT (Baitul Maal Wa Tamwil).

Pembiayaan merupakan aktivitas dari lembaga keuangan syariah dalam menyalurkan dana kepada nasabah berdasarkan prinsip syariah. Analisis pembiayaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi bank syariah dalam mengambil keputusan untuk menyetujui atau menolak permohonan pembiayaan dan acuan bagi bank syariah untuk meyakini kelayakan atas permohonan pembiayaan. Dalam realisasi pembiayaan bank selalu membutuhkan seorang account officer untuk menganalisis calon nasabah dalam melakukan suatu pembiayaan serta mengatasi pengajuan pembiayaan sehingga peran account officer sangat penting dalam perbankan syariah.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya Account Officer dalam melakukan optimalisasi pembiayaan bermasalah pada produk Ijarah Multijasa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Account Officer dalam melakukan optimalisasi pembiayaan bermasalah pada produk ijarah multijasa di PT. BPRS Kota Bumi KCP Panaragan Jaya, Tulang Bawang Barat.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dimana penelitian ini mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan judul penelitian dan bersifat deskriptif kualitatif yaitu dengan menjabarkan data lapangan secara sistematis. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dengan metode wawancara dan dokumentasi serta mengumpulkan brosur-brosur yang terkait dengan judul penelitian yang ada di BPRS.

Hasil penelitian ini adalah yang menyebabkan nasabah macet ada dua faktor dimana ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah dari pihak bank itu sendiri dimana pihak bank kurang teliti dalam menganalisis calon debitur/nasabah. Dan faktor eksternal yaitu dari luar pihak bank atau calon debitur/nasabah. Faktor eksternal yaitu seperti nasabah tidak mau membayar atau nasabah yang tidak mampu membayar tetapi mempunyai keinginan untuk membayar. Upaya yang dilakukan pihak BPRS adalah melakukan kunjungan atau monitoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:59
Last Modified: 27 May 2021 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4408

Actions (login required)

View Item View Item