Prayoga, Rahmad (2021) Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 1 Tulus Rejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RAHMAT PRAYOGA (PGMI 14120505) - Rahmad Prayoga.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran sejatinya dilakukan melalui interaksi guru dengan siswa dalam suasana lingkungan belajar. Paradigma terhadap esensi pembelajaran semacam itu telah berbeda dengan adanya krisis Covid-19 yang telah mengubah paradigma pendidikan dan pembelajaran di dunia. Dikarenakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas tidak dapat dilakukan, maka pada penelitian ini peneliti menggantinya dengan penelitian kualitatif melalui metode wawancara. Hal ini dikarenakan guru mata pelajaran matematika di SDN 1 Tulus Rejo telah menerapkan penggunaan media gambar pada saat sebelum Covid-19 melanda Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan media gambar pada siswa kelas III SDN 1 Tulus Rejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian melalui analisis menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada mata pelajaran matematika Siswa Kelas III SDN 1 Tulus Rejo Kecamatan Pekalongan sudah dilakukan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu pemilihan media gambar yang dilakukan oleh guru kelas III disesuaikan dengan materi dan tingkat perkembangan siswa. Mengingat karakteristik siswa kelas III, sehingga dalam proses pembelajarannya masih membutuhkan suatu perantara yang bisa menggambarkan hal-hal yang abstrak ke dalam bentuk yang konkret, yaitu yang bisa ditangkap oleh panca indera agar siswa mudah memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Maka pemilihan media yang menarik akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam proses pembelajaran. Pertimbangan penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika yaitu untuk mempermudah pemahaman siswa. Selain itu, media gambar juga dapat memperjelas materi pelajaran sehingga mudah diamati. Media gambar juga dapat memunculkan daya tarik pada diri siswa. Terakhir, media gambar digunakan untuk menyingkat suatu uraian atau materi yang apabila diperjelas dengan kata kata mungkin membutuhkan uraian panjang. Berdasarkan hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 1 Tulus Rejo dapat meningkatkan hasil belajar siswa meskipun tidak secara signifikan. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa melalui penggunaan media gambar, siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 01:54 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 01:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4410 |
Actions (login required)
View Item |