Surati, . (2019) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini di PAUD Aisyiyah Kelurahan Iring Mulyo Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI SURATI (NPM 1501010222) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Anak adalah individu yang sedang mengalami perkembangan. Anak usia dini merupakan individu yang berada pada tahapan golden age dimana pada masa ini anak sedang mengalami rasa keingintahuannya yang tinggi terhadap sesuatu sebagai pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pendidikan agama Islam untuk anak usia Dinipada PAUD Aisyiyah di kelurahan Iring Mulyo Metro Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data-data dikumpulkan dengan metode wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis induktif yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di lingkungan PAUD Aisyiyah Iringmulyo telah dilaksanakan dengan baik. Guru PAUD Aisyiyah Iringmulyo dalam pelaksanaan pendidikan Agama Islam menerapkan beberapa metode yakni metode bermain drama, bercerita atau berkisah, dan bernyanyi. Menurut guru, Usia dini merupakan Golden Age masa-masa dimana peserta didik masih dalam tahap mencari pengetahuan dan memiliki rasa ingintahu yang besar, sehingga dengan penerapan metode yang baik akan membantu mempercepat pemahaman materi pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci: pendidikan agama Islam, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 08:08 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 08:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/442 |
Actions (login required)
View Item |