Hadi, Solikhul (2020) Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab pada Materi Kalam dan Kitabah di MTs 5 Ma`arif Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS SOLIKHUL HADI - Solikhul Hadi.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan: Bagaimana penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab pada materi kalam dan kitabah di MTs 5 Ma`arif Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis studi kasus tentang penerapan kurikulum pembelajaran bahasa arab pada materi kalam dan kitabah di MTs 5 Ma`arif Sekampung Lampung Timur. Alat pengumpulan data didasarkan pada wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan secara induktif.
Adapun Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan kurikulum bahasa Arab dalam materi kalam di MTs 5 Ma`arif Sekampung Lampung Timur bertujuan untuk mencapai keterampilan dasar yang berkaitan dengan bunyi dan ekspresi, termasuk pengucapan huruf, kata dan kalimat, dengan mempertimbangkan intonasi yang tepat. Materi kalam terdiri dari pengucapan bunyi, frasa, kosakata dan dialog tentang topik di buku teks. Metode yang sering digunakan dalam pengajaran kalam yaitu ceramah, metode langsung, latihan dan hiwar. Media yang digunakan, seperti media gambar, dan media audiovisual untuk memperlihatkan pengucapan suara-suara bahasa Arab dan karakteristiknya. Adapun evaluasi setelah mempresentasikan materi kalam, terdiri dari tes verbal dalam bentuk dialog antara dua siswa, menekankan pengukuran kinerja fonem, akurasi dan kelancaran dalam ekspresi. Tujuan dari pemberian materi kitabah adalah untuk memungkinkan siswa menulis alfabet Arab, terbiasa menulis dari kanan ke kiri dengan mudah, dan menulis kata-kata Arab dalam huruf-huruf yang terpisah. Adapun materi dalam kitabah, yaitu meletakkan kata-kata dalam kalimat, menyusun kata-kata yang tidak berurutan menjadi kalimat yang berfaidah, imla`, terjemah, dan insya` muwajjah. Metode yang digunakan yaitu ceramah, qowaid tarjamah, dan latihan. Evaluasi dalam pengajaran kitabah terdiri dari tes harian dan pengujian komprehensif semester atau akhir dari akhir tahun, mengikuti kalender ujian dari Kementerian Agama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 07:21 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 07:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4420 |
Actions (login required)
View Item |