Sugara, Bayu (2021) Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD Negeri 2 Sukoharum. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
14119995-SKRIPSI BAYU SUGARA - Bayu Sugara.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran sebagai proses belaja r yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa, Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan, dan pelaksanaaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan siswa mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di lapangan, kebanyakan guru masih kurang efektif dalam proses pembelajaran. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga potensi Siswa kurang tergali secara optimal. Kurangnya komunikasi dan pendekatan guru dengan Siswanya. Guru juga masih kurang dalam menilai dan mengevaluasi pembelajaran. Adanya ketimpangan guru, ketidak relevanan guru antara bidang studi yang dipelajari atau diambil saat diperkuliahan dengan materi yang diajarkan. Sehingga dalam penelitian ini peneliti berfokus pada penguasaan kompetensi pedagogik, karena pada dasarnya penguasaan kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 2 Sukoharum. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sukoharum.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dijadikan informan penelitian adalah guru kelas I sampai dengan guru kelas III dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yakni reduksi data, displa y data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian yang diperoleh Peneliti yaitu penguasaan kompetensi pedagogik dalam kategori cukup baik yakni kompetensi menguasai karakteristik Siswa dan kompetensi pengembangan kurikulum. Kompetensi pedagogik dalam kategori kurang baik yakni kompetensi menguasai teori belaja r dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik, kompetensi kegiatan pembelajaran yang mendidik, kompetensi pengembangan potensi Siswa, kompetensi komunikasi dengan Siswa serta kompetensi penilaian dan evaluasi. Jadi dapa t disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 2 Sukoharum masih kurang baik.
Kata kunci : Kompetensi Pedagogik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 07:22 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 07:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4423 |
Actions (login required)
View Item |