Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Adaptasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era New Normal di SMP Negeri SeKecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Hidayah, Maylisa Isnaini (2021) Adaptasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era New Normal di SMP Negeri SeKecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS MAYLISA ISNAINI HIDAYAH - maylisa isnaini hidayah.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan seorang manager dalam pembelajaran, yang bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap perubahan terhadap peserta didik khususnya dalam adaptasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era new normal. Melalui penerapan pembelajaran yang baik, guru dapat mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan peserta didik dalam pembelajaran serta sebagai kontrol terhadap diri sendiri agar dapat memperbaiki cara pengajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana adaptasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era new normal di SMP Negeri sekecamatan Sekampung kabupaten Lampung Timur, Bagaimana Faktor Pendukung dan Bagaimana Faktor Penghambat adaptasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri sekecamatan Kabupaten Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan “deskriptif kualitatif “yang berlokasi di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 4 Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi Sumber. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi pembelajaran PAI di era New Normal yang diterapkan oleh guru PAI di SMP Negeri sekecamatan Sekampung Lampung Timur adalah melalui (1) Perencanaan, Kegiatan perencanaan meliputi kesiapan keseluruhan dalam proses pembelajaran yang berdasarkan pada proses perencanaan pembelajaran yang efektif dan edukatif dengan menyiapkan materi materi pembelajaran yang tepat digunakan di era new normal. (2) Pengorganisasian, penyediaan kelengkapan fasilitas media pembelajaran, serta kelengkapan pembelajaran dan melihat apa yang menjadi kelemahan dan kendala pembelajaran (3) Pelaksanaan, menerapkan media dan materi yang menarik, melaksanakan kegiatan Penerapan pembelajaran media gambar, video pembelajaran, dan penugasan keagamaan kepada peserta didik. (4) Pengawasan, Guru mengawasi kegiatan pembelajaran di kelas, mengevaluasi hasil pelaksanaan pembelajaran, pengawasan dalam proses evaluasi berbentuk test atau pemberian tugas. Sedangkan kepala sekolah melaksanakan pengawasan, yaitu: melaksanakan supervisi proses pembelajaran guru dan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan pembelajaran berlangsung .Faktor pendukung adaptasi pembelajaran PAI di era new normal , yaitu: (1) Adanya pelatihan pembelajaran daring bagi guru-guru , (2) terjalinya hubungan yang baik ke sesama guru, (3) adanya keleluasaan bagi guru, (4) Dukungan kepala sekolah serta Pengawasan oleh guru Sedangkan faktor penghambat, yaitu: (1) keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran, (2) terbatasnya waktu pertemuan dan pengawasan peserta didik, (3) tidak adanya kegiatan keagamaan diluar sekolah.

Kata Kunci: Adaptasi Pembelajaran New Normal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:48
Last Modified: 04 Oct 2021 06:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4425

Actions (login required)

View Item View Item