Rahmawati, Desi (2021) Implementasi Model Student Teams Achivement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Satu Atap 1 Gunung Terang Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DESI@ - Desi Rahmawati.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Implementasi model Student Teams Achivement Division (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif atau kerja sama yang merupakan proses pembelajaran sebagai upaya dalam meningkatkan penguasaan materi pembelajaran. Melalui model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) guru dapat membantu siswa dalam mengasah keterampilan dan mengekspresikan ide.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Implementasi model Student Teams Achivement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran PAI Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII di SMPN Satu Atap 1 Gunung Terang Tulang Bawang Barat 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi model Student Teams Achivement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran PAI dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII di SMPN Satu Atap 1 Gunung Terang Tulang Bawang Barat 2020/2021. Hipotesis penelitian ini adalah Implementasi model Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN Satu Atap 1 Gunung Terang Tulang Bawang Barat 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana pada setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peneliti menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Bahan ajar dan soal evaluasi. Proses pelaksanaan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan, dalam setiap pertemuan adalah 2x30 menit. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dilapangan adalah pada tindakan siklus I diperoleh nillai presentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 71,88%. Pada siklus II diperoleh nilai presentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 82,19%. Hal ini menunjukkan pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai minimal 75% sesuai dengan ketuntasan keberhasilan minimal (KKM). Maka dengan ini Implementasi model Student Teams Achivement Division (STAD) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Satu Atap 1 Gunung Terang Tulang Bawang Barat 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:59 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4428 |
Actions (login required)
View Item |