Sari, Ayu Ida Permata (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Lelang Melalui Internet (E-Auction) Terhadap Kepuasan Pemohon Lelang di KPKNL Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AYU IDA PERMATA SARI - Putra Aquarius.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Perkembangan internet telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap sebuah pelayanan untuk meningkatkan daya saing suatu perusahaan. Salah satu pelayanan dalam perdagangan yang mengikuti perkembangan internet adalah pelayanan lelang melalui internet (e Auction) di KPKNL Metro, e-Auction adalah terobosan baru dari KPKNL tahun 2017 untuk meningkatkan kualitas pelayanan lelang. Yang dilakukan KPKNL Metro dalam memberikan layanannya dengan memanfaatkan internet yaitu memberikan website sebagai kualitas pelayanan online untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Namun Terdapat adanya kenaikan atau penurunan dalam penambahan jumlah pemohon lelang internet merupakan suatu perhatian penting yang harus diteliti atas penyebab penurunan dan penambahan jumlah pemohon lelang. Dalam penelitian ini untuk mengukur kualitas pelayanan lelang melalui internet menggunakan metode E SERQUAL yang terdiri dari Security (keamanan), Effiency (efisiensi), Reability (kehandalan), Privacy (rahasia pribadi) dan Site Aesthetic (desain website).
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan lelang internet (e-Auction) terhadap kepuasan pemohon lelang di KPKNL Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan lelang melalui internet (e-Auction) berpengaruh terhadap pemohon lelang di KPKNL Metro. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil tempat di KPKNL Metro dengan subyek penelitian pemohon lelang. Penelitian ini dimulai dengan menyebarkan kuesioner kepada responden kemudian diujikan dengan uji validitas dan uji reabilitas terlebih dahulu untuk mengetahui kuesioner yang akan disebarkan layak atau tidak. Uji validasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik korelasi product moment, uji realibilitas menggunakan alpha cronbach, dan uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji liniear sederhana. Uji hipotesisi menggunakan uji t, uji F, uji R2 .
Hasil penelitian menyatakan kualitas pelayanan lelang internet (e-Auction) mempunyai pegaruh signifikan terhadap kepuasan pemohon lelang di KPKNL Metro. Variabel kualitas pelayanan lelang internet terhadap variabel kepuasan pemohon lelang adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,745 > ttabel 2,023 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan lelang internet terhadap variabel kepuasan pemohon lelang KPKNL Metro. Nilai Fhitung 33,006 > Ftabel 3,24 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan lelang internet (X) secara simultan terhadap variabel kepuasan pemohon lelang (Y). Nlai R Square atau nilai koefisien determinasi R2 adalah sebesar 0,471 hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel minat (X) secara simultan terhadap variabel deposito (Y) adalah sebesar 47,1%. Maka dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya kualitas pelayanan lelang internet berpengaruh terhadap kepuasan pemohon lelang pada KPKNL Metro.
Kata kunci: Kualitas pelayanan melalui lelang internet (e-Auction), metode E-SERQUAL, Kepuasan pemohon lelang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:51 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4429 |
Actions (login required)
View Item |