Purwaningsih, Wiwik (2019) Hubungan Gaya Mengajar Pendidik PAI Dengan Minat Belajar Peserta Didik SMAN 1 Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
WIWIK PURWANINGSIH 1501010141 PDF - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (9MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan formal khususnya SMAN 1 Purbolinggo mempunyai alokasi waktu tiga jam pelajaran per minggu. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang mampu mengakomodir seluruh materi. Dalam proses pembelajaran gaya mengajar pendidik diperlukan agar tercipta gairah belajar, sehingga peserta didik tetap dapat berkonsentrasi dalam tiga jam pelajaran tersebut. Dimana minat belajar peserta didik yang berbeda-beda dalam setiap waktunya, pendidik perlu menciptakan suasana yang menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Dengan ini diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan gaya mengajar pendidik PAI dengan minat belajar peserta didik SMAN 1 Purbolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya mengajar pendidik PAI dengan minat belajar peserta didik SMAN 1 Purbolinggo. Hipotesis pada penelitian ini ialah ada hubungan gaya mengajar pendidik PAI dengan minat belajar peserta didik SMAN 1 Purbolinggo. Populasi pada penelitian ini adalah 142 responden dengan mengambil 30% populasi maka sampel penelitian sebanyak 44 responden.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada peserta didik untuk mencari data tentang gaya mengajar pendidik PAI dan minat belajar peserta didik. Dokumentasi ditujukan untuk mendapatkan informasi tentang deskripsi lokasi penelitian yaitu SMAN 1 Purbolinggo.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan gaya mengajar pendidik PAI dengan minat belajar peserta didik SMAN 1 Purbolinggo. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan korelasi Person Product Moment diperoleh nilai r 0,352 lebih kecil dari rtabel dengan taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,304 yakni 0,352<0,304. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis diterima dengan arah hubungan positif. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat koefisiensi korelasi hubungan keduanya dimana nilai r sebesar 0,352 yang berada pada interval koefisien 0,20 – 0,399 yang tergolong dalam tingkat hubungan keduanya rendah. Adapun ada faktor lain yang mempengaruhi dalam minat belajar selain faktor sekolah seperti faktor keluarga dan masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 08:16 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 08:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/443 |
Actions (login required)
View Item |