Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

فعالية تكوين البيئة اللغوية في اكتساب المفردات العربية لدى الطلبة بالمدرسة الثانوية اإلسالمية الحكومية األولى المبونج الشرقية للعام الدراسي 2019/2020م

Machfi, Hoirum (2020) فعالية تكوين البيئة اللغوية في اكتساب المفردات العربية لدى الطلبة بالمدرسة الثانوية اإلسالمية الحكومية األولى المبونج الشرقية للعام الدراسي 2019/2020م. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Bab I-V Mahfi - Royhatul Ma'wa Hr.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan penelitian: “Bagaimana Efektivitas penciptaan lingkungan berbahasa dalam pemerolehan kosakata bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2019-2020?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus tentang penciptaan lingkungan berbahasa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini mengacu kepada wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif.

Adapun hasil penelitian yaitu manajemen Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur berupaya menciptakan lingkungan berbahasa melalui berbagai program bahasa yaitu mengacu kepada model pesantren bahasa modern yang menggunakan bilingual sebagai bahasa percakapan sehari-hari, menyampaikan 3 kosakata minimal dalam setiap malam, disertai dengan penerapannya dalam Muhadatsah di waktu pagi. Upaya juga dilakukan dengan membentuk klub bahasa yang terdiri dari klub bahasa Arab dan klub bahasa Inggris sebagai sarana untuk mengungkapkan bahasa, dan menentukan minggu bahasa secara bergantian antara minggu bahasa Arab dan Inggris, di mana siswa harus menggunakan percakapan bahasa Arab di minggu bahasa Arab dan percakapan bahasa Inggris di Minggu bahasa Inggris. Hal ini diperkuat dengan adanya sanksi bagi siswa yang melanggar. Manajemen MAN 1 Metro juga mengadakan perlombaan bahasa di setiap akhir tahun pelajaran seperti pidato bahasa Arab bahasa Inggris membaca puisi Arab, penampilan drama bahasa Arab. Penciptaan lingkungan berbahasa di MAN 1 Lampung Timur tergolong cukup efektif untuk mendukung pemerolehan kosakata siswa melalui berbagai kegiatan yang terprogram dan yang tidak terprogram. Adapun kegiatan yang terprogram yaitu siswa memperoleh kosakata dari kegiatan penyampaian kosakata setiap malam, dan dari interaksi siswa di klub bahasa. Sedangkan pemerolehan kosakata melalui aktivitas yang tidak terprogram yaitu melalui interkasi secara spontan ketika siswa beraktivitas sehari-hari di asrama sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:59
Last Modified: 27 May 2021 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item