Khoiri, Hamid (2019) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS - Hamid Khori 1706521.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Madrasah Aliyah Bustanul Ulum merupakan lembaga pendidikan umum yang mempunyai cirri khas agama islam yang selalu berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang baik, beriman, bertakwa, mempunyai pengetahuan yang luas dan mempunyai akhlak yang mulia serta mempunyai karakter yang baik. Hal ini sesuai dengan pengembangan kurikulum yang tujuannya menitikberatkan kepada pendidikan keagamaan dan sejarahnya yang merupakan lanjutan dari sistem pesantren. Madrasah aliyah yang berdasarkan kebijakan otonomi dairah dapat mengembangkan kurikulumnya dengan cara memasukkan muatan lokal berbasis pesantren dalam kurikulumnya supaya madrasah tidak kehilangan orientas dan ciri khas akan akar sejarahnya, sehingga akan tampak perbedaan antara madrasah dengan sekolah umum lainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan,: 1) Imlpementasi kurikulum muatan lokal berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum. 2) Faktor pendukung implementasi kurikulum muatan lokal berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum. 3) Hambatan dan solusi implementasi kurikulum muatan lokal berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum. 4) Peran kurikulum muatan lokal berbasis pondok pesantren dalam pengembangan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum.
Penelitian ini merupakankan jenis penelitian kualitatif, yaitu bentuk penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan,: 1) Implementasi kurikulum muatan lokal berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum meliputi kegiatan perencanaan, peleksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. 2) faktor pendukung: dukungan dari pihak yayasan, lingkuangn yang mendukung dan religious, minat orang tua yang tinggi dalam menyekolahkan anaknya ke madrasah, guru muatan lokal yang memiliki kopetensi yang tinggi sesuai dengan lulusan pesantren dan mayoritas siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah. 3) faktor penghambat dan solusi: kurangnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, teratasi dengan pelatihan dan penataran, bimtek dan musyawaroh guru. keterbatasan waktu teratasi dengan adanya jam tambahan atau les dan bimbingan khusus. dan banyaknya beban pelajaran mulok diminimalisir dengan kebijakan dari MA dalam menentukan jam pelajaran. 4) kurikulum muatan lokal berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum dengan segala bentuk kegiatan intra, ekstra, dan kokurikuler memiliki peran penting dalam rangka menjadikan insan yang mulia dan berkarakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:59 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4438 |
Actions (login required)
View Item |