Yolandasari, Avrelina (2021) Dakwah Melalui Media Sosial Instagram (Respon Followers Pada Akun @remaja.islami). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi Avrelina Yolandasari - Dakwah Melalui Media Sosial Instagram (Respon Followers Pada Akun @remaja.islami) - Avrelina Yolandasari.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Pada zaman modern seperti saat ini teknologi telah semakin maju, beragam media hadir untuk mempermudah tersebarnya informasi yang dapat dengan cepat menjangkau masyarakat luas. Salah satu media yang sedang digemari pada saat ini ialah media sosial instagram. Hampir seluruh remaja masa kini menggunakan media berbasis photo sharing tersebut. Selain digunakan sebagai sarana hiburan, instagram juga dapat digunakan sebagai sarana berdakwah. Tampilan yang menarik dengan beragam fitur yang dimiliki instagram dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah dalam bentuk gambar maupun video berdurasi singkat.
Akun @remaja.islami merupakan akun yang menggunakan media sosial instagram sebagai sarana berdakwah dengan sasaran utamanya kawula muda meskipun materi dakwah yang diunggah tidak hanya terpaku untuk remaja. Hal ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap respon followers (pengikut) akun @remaja.islami terhadap penggunaan instagram sebagai media dakwah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara terhadap Fadly Hafif selaku pemilik akun @remaja.islami dan 8 orang informan yang mengikuti akun @remaja.islami. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, dokumen yang berasal dari hasil penelitian dan hasil laporan.
Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran mengenai pengaruh dan efektivitas penggunaan instagram sebagai media dakwah melalui respon followers (pengikut) akun @remaja.islami. Penggunaan instagram sebagai media dakwah sangat sesuai untuk saat ini, karena selain banyak digunakan, instagram memiliki tampilan dan fitur-fitur yang menarik bagi kawula muda. Materi dakwah yang disampaikan dapat dengan mudah sampai karena tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga penggunanya dapat mengakses kapanpun dan dimanapun serta dapat dibuka secara berulang-ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 06:49 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 06:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4444 |
Actions (login required)
View Item |