Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Belajar Peserta Didik Pada Masa Covid (Corona Virus Disease) 19 di SMA Negeri 2 Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Sari, Pevi Tika (2020) Problematika Belajar Peserta Didik Pada Masa Covid (Corona Virus Disease) 19 di SMA Negeri 2 Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
pdf skripsi pevi - Pevi Tika Sari Pevi.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Covid 19 merupakan suatu penyakit yang berasal dari china pada tahun 2019. Di indonesia penyebaran covid 19 pada bulan maret tahun 2020 yang lalu sangat mempengaruhi berbagai bidang seperti bidang ekonomi, sosial dan pendidikan. Untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona upaya yang di lakukan pemerintah agar tidak terjangkit virus corona maka khusus dalam bidang pendidikan pemerintah menganjurkan agar proses pelaksanaan pembelajaran di lakukan di rumah saja melalui pembelajaran daring. Oleh karena itu, penelitian ini di lakukan untuk mengetahui problematika belajar peserta didik, dampak positif serta kekurangan dari pembelajaran daring.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan dua sumber yaitu data primer dan sekunder, dari data primer peneliti mendapatkan data dari informan yaitu peserta didik sedangkan data sekunder untuk memperoleh dokumen, berupa arsip-arsip seperti profil SMA Negeri 2 Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Pengumpulan data peneliti dapatkan dari lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan documentasi. Objek penelitian ini adalah problematika belajar peserta didik pada masa covid 19. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah 5 peserta didik. Penentuan subjek menggunakan metode observasi yang di mana seorang peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati proses pembelajaran yang di lakukan peserta didik selama masa covid 19. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang di gunakan peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa problematika belajar peserta didik pada masa covid 19, yaitu diantaranya peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran daring akibat belajar di rumah tidak ada teman yang di ajak berdiskusi dan terkendala oleh faktor sinyal yang kurang memadai, peserta didik merasa terbebani akibat banyaknya tugas yang di berikan oleh guru kepada peserta didiknya, peserta didik merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru akibat kurangnya penjelasan materi dari guru, pembelajaran daring ini mempunyai keterbatasan waktu baik dari segi penjelasan materi maupun pengumpulan tugas, dalam pembelajaran daring ini penggunaan kuota internet juga mengalami peningkatan akibat penggunaan aplikasi seperti youtube, google clasroom, zoom, google meet, whatsaap, wps. Tidak semua peserta didik mempunyai teknologi seperti laptop. Pembelajaran daring ini membuat peserta didik merasa cemas apabila terlambat mengikuti pembelajaran daring karena tidak bisa membeli kuota internet akibat terdampar vi virus corona dan penghasilan orang tua yang semakin berkurang. Jaringan internet menjadi kunci utama dalam sebuah pembelajaran daring apabila koneksi internet tidak stabil maka membuat peserta didik mengalami berbagai kendala seperti tugas tidak bisa terkirim, tidak bisa menyimak materi dengan baik, terlambat mengikuti pembelajaran di kelas dan tidak bisa absen.

Kata kunci: problematika belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:53
Last Modified: 15 Sep 2021 08:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item View Item