Lutvia, Luluk Atul (2021) Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ALHAMDULILLAH SKRIPSI LULUK FIX SIDANG - Luluk A.Lutfiah.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kegiatan Kerohanian Islam merupakan salah satu alternatif yang harus dikembangkan, khususnya untuk Sekolah Menengah Atas, melihat sangat sedikitnya alokasi waktu yang disediakan untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam yang begitu luas. Maka salah satu cara yang diperlu dilakukan adalah dengan memberikan tambahan Pelajaran Agama Islam di luar jam pelajaran sekolah, pelaksanaan pendidikan dilakukan dalam bentuk bimbingan, pengajaran, atau latihan khususnya untuk mengembangkan keterampilan tertentu dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia. Sedangkan pelatihan pada prinsipnya adalah sama pengajaran, khususnya untuk mengembangkan ketermpilan tertentu. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sekampung.
Penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan penelitian Populasi, karena sampel yang diteliti jumlahnya kurang dari 100. Populaasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Sekampung, berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan kerohanian Islam terhadap prestasi belajar pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sekampung. Guru pembina memegang peranan yang sangat penting di dalam dan luar kelas terutama terhadap Prestasi belajar pelajaran pendidikan agama Islam pada siswanya. Mereka berkewajiban membimbing dan mengajari siswanya. Mereka berkewajiban membimbing dan mengajari siswanya oleh Islam. Misalnya kebenaran, kejujuran, keikhlasan, kesabaran, kasih sayang, pemurah dan sebagainya. dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat menunjukkan bahwa Chi Kuadrat Hitung ( 2 h) lebih besar dari pada Chi Kuadrat Tabel ( 2 t) yakni 13,2779,488. Dengan demikian berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat Pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan kerohanian Islam terhadap Prestasi belajar pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sekampung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 06:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 06:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4460 |
Actions (login required)
View Item |