Solihin, Imam (2020) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Keberagamaan Pada Peserta Didik SMK Muhammadiyah 1 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS IMAM SOLIHIN - Solihin Imam.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi untuk mengungkapkan tentang hakekat sikap keberagamaan, faktor-faktor yang mempengaruhi , karakteristik dan perkembangan, komponen komponen dan bentuk-bentuk serta cara perkembangan sikap keberagamaan peserta didik. Berdasarkan temuan, dapat diketahui bahwa sikap keberagamaan peserta didik pada dasarnya merupakan keadaan internal yang ada dalam dari peserta didik yang terbentuk melalui interaksi dengan lingkungan. Karakteristik dan perkembangan sikap keberagamaan setiap peserta didik berbeda-beda sesuai dengan tahap-tahap perkembangan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif dan konatif.
Nilai keberagamaan merupakan hal yang sudah dimiliki setiap peserta didik dari gambaran keseluruhan mereka memiliki latar belakang kebiasaan lingkungan dan budaya merupakan hal yang dapat memberikan pengaruh yang besar bagi keperibadian peserta didik. Melalui dengan pendidikan yang diberikan sekolahan dan para pendidik tentunya ada perubahan yang dimiliki peserta didik dari awalnya kurang baik menjadi pribadi baik dan menjadi aktifitas kebiasan tanpa harus diperintah pendidik maupun orang tua dirumah.
Pertanyaan penelitian pada tesis ini adalah,1). Bagaimana Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan nilai-nilai keberagamaan pada peserta didik sekolah SMK Muhammadiyah 1 Metro? 2)Bagaimana pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai keberagamaan di SMK Muhammadiyah 1 Metro?
Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif lapangan, dilaksanakan di SMK 1 Muhammadiyah Metro, letaknya tidak jauh dari kampus IAIN Metro daerah Iring Mulyo. Sumber data yang digunakan adalah, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Bimbingan Konseling, Pendidik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara (Interview), observasi (Pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, mendisplay data dan menarik kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa dalam strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan nilai-nilai keberagamaan pada peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Metro dilaksanakan dengan cukup kondusif, dimana pendidik memberikan bimbingan membaca Al-Qur’an kepada peserta didik yang belum lancar mengaji, membiasakan Sholat Dhuha, melibatkan peserta didik ketika pengajaran dimulai, membiasakan sholat berjamaah, mata pelajaran pendidikan agama islam menyampaikan materi 3 jam 2 jam untuk teori 1 iv jamnya untuk praktek agar peserta didik tidak bosan, metode yang digunakan pendidik disekolahan menggunakan Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 06:51 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 06:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4466 |
Actions (login required)
View Item |