Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan (Studi PT BPRS Aman Syariah)

Jianti, Nadra Aprilia (2021) Strategi Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan (Studi PT BPRS Aman Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NADRA APRILIA JIANTI-1702100064(SKRIPSI) - Nadra Aprilia.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

PT BPRS Aman Syariah adalah salah satu lembaga keuangan syariah yang terletak di Desa Sumbergede, Kecamatan Sekampung, Lampung Timur. Kegiatan utamanya adalah menghimpun dana masyarakat, menyalurkan dana ke masyarakat serta memberikan jasa keuangan lainnya. Sumber daya manusia berperan penting dalam kegiatan tersebut, karena sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan meningkatnya mutu/kualitas suatu perusahaan. Maka dari itu, untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, maka diperlukan suatu strategi mengoptimalkan sumber daya manusia yang berdampak pada mutu pelayanan yang diberikan kepada nasabah.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teknik data kualitatif dengan berpikir induktif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian pada penelitian ini menyatakan PT BPRS Aman Syariah melakukan strategi mengoptimalkan sumber daya manusia dengan berbagai cara yaitu melakukan seleksi pegawai yang dilakukan dengan serangkaian tes yang bertujuan untuk mencari sumber daya yang unggul dibidangnya, melakukan kegiatan pengembangan dan pelatihan dengan cara melakukan pelatihan, in-house training atau on the job training, dan melakukan studi banding. Pemberian penghargaan berupa barang/bonus terhadap karyawan. melakukan pemberian motivasi dilakukan pada saat breafing pagi membahas tentang perkembangan aset di dalam bank kemudian dilanjutkan dengan tausiah motivasi kepada karyawan. serta melakukan evaluasi, kegiatan evaluasi rutin dilakukan disetiap bagian.

Kata kunci: Strategi mengoptimalkan sumber daya manusia, meningkatkan mutu pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:33
Last Modified: 08 Oct 2021 06:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4470

Actions (login required)

View Item View Item