Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Metro)

Wardani, Klara Aroma (2021) Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI KLARA AROMA WARDANI - Clara Aroma2.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin berkembangnya bank syariah yang ada di Indonesia, salah satunya di wilayah Metro yaitu Bank BRI Syariah KCP Metro. Dalam dunia perbankan kegiatan yang dilakukan selain menghimpun dana dan menyalurkan kembali kepada nasabah yaitu melakukan relationship quality atau membangun sebuah kualitas hubungan kepada nasabah. Hal ini bertujuan agar nasabah tetap loyal terhadap bank. Penelitian ini bertujuan untuk menguji relationship quality diantaranya: (1) Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (2) Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas nasabah (3) Pengaruh Komitmen Terhadap Nasabah BRI Syariah KCP Metro.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan sumber data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada nasabah BRI Syariah KCP Metro dengan menggunakan skala likert, dan seluruh nasabah BRI Syariah KCP Metro sebagai populasi sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik nonprobability sampling, yaitu tidak semua nasabah bisa menjadi sampel, hanya nasabah yang mudah untuk dijumpai (accidental sampling). Dengan menggunakan rumus Slovin, didapatkan sampel sebanyak 99 responden, namun dibulatkan menjadi 100 responden. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Penelitian ini di analilis melalui uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolineritas, analisis regresi linier berganda, koefesiensi determinasi, uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji f).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kepuasan tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah Bank BRI Syariah KCP Metro, Kepercayaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah Bank BRI Syariah KCP Metro, Komitmen berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah Bank BRI Syariah KCP Metro. Relationship quality berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah.

Kata Kunci: Relationship Quality, Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen, Loyalitas Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Jun 2021 01:54
Last Modified: 09 Jun 2021 01:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4474

Actions (login required)

View Item View Item