Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pembagian Margin Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah dalam Melakukan Pembiayaan Pada BTPN Syariah Metro

Sari, Riski Kurnia (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pembagian Margin Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah dalam Melakukan Pembiayaan Pada BTPN Syariah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RISKI KURNIA SARI NPM. 1502040099 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang banyak diminati oleh masyarakat untuk melakukan tabungan dan pembiayaan. Seperti BTPN Syariah yang dari masa kemasa tetap menunjukan eksistensinya di dunia perbankan. Seperti baru-baru ini bank tersebut melakukan pembiayaan tanpa agunan yang dikhususkan untuk wanita yang bertujuan supaya wanita mendapat penghasilan lain dari pembiayaan yang digunakan untuk modal usaha tersebut. Dalam pemberian pembiayaan bank tidak terlepas dari faktor kualitas pelayanan dan pembagian margin. Sehingga masyarakat sekarang lebih selektif mengambil pembiayaan pada bank syariah dengan kualitas pelayanan dan margin yang tidak memberatkan nasabah sehingga tercipta kepuasan nasabah pada bank.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan dan pembagian margin terhadap kepuasan nasabah. Adapun variabel independen kualitas pelayanan dan pembagian margin serta variabel dependen kepuasan nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi dengan jumlah responen 94 nasabah yang dimana angket tersebut dibagikan kepada nasabah yang melakukan pembiayaan serta dokumentasi untuk profil pada BTPN Syariah. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian yaitu kualitas pelayanan dan pembagian margin masing-masing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Terlihat pada uji t yang lebih besar dari pada t tabel yaitu 3,693 > t tabel untuk kualitas pelayanan serta 3,407 > t tabel untuk pembagian margin. Sedangkan untuk hasil secara bersama-sama menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan terlihat dari fhitung lebih besar 21,320 > dari ftabel 3,10 antara kualitas pelayanan dan pembagian margin terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan pembiayaan pada BTPN Syariah Metro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:17
Last Modified: 02 Jan 2020 08:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item