Diana, Siti Nur (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengamalan Ibadah Shalat Fardhu Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 01 Tulang Bawang Tengah TA 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
siti_nur_diana_1701010082[1] - Siti Nur Diyana.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaan akal, mental maupun moral untuk menjalankan fungsi kemanusiaan yang diemban sebagai seorang hamba dihadapan khaliqnya dan sebagai pemelihara alam semesta. Pendidikan Islam dalam menjalankan fungsinya sangat dibutuhkan proses pemberdayaan manusia menuju kedewasaan. Pendidikan agama Islam merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, mengkhayati, mengimani, bertaqwa, berakhlak mulia, dan mengamalkan ajaran agama Islam yang bersumber dari Al-Qur‟an dan Al-hadist melalui bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengamalan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peran guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan ibadah shalat fardhu peserta didik kelas XI di SMK Negeri 01 Tulang Bawang Tengah Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan hambatan apa saja yang dialami guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan ibadah shalat fardhu peserta didik di sekolah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan suatu fenomena melalui deskripsi bahasa non-statistik secara holistik, dilihat dari sifatnya penelitian ini tergolong studi kasus yaitu sebuah penelitian mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran yang lengkap dan terorganisasi. Sumber data ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan datareduction(reduksi data), data display ( penyajian data), dan data conclucing drawing/verification. Analisis data ini digunakan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan ibadah shalat fardhu peserta didik di SMK Negeri 01 Tulang Bawang Tengah.
Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan dapat diperoleh kesimpulannya bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan ibadah shalat fardhu peserta didik di sekolah sudah berhasil. Hambatan guru pendidikan agama Islam adalah hanya beberapa kelompok peserta didik yang tidak mengamalkan ibadah shalat fardhu berjama‟ah dan keterbatasan tempat untuk mengamalkan ibadah shalat fardhu di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 06:55 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 06:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4514 |
Actions (login required)
View Item |