Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persepsi Masyarakat Kelurahan Merapi Terhadap Promosi Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Merapi, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah)

Dewi, Devi Chyntia (2021) Persepsi Masyarakat Kelurahan Merapi Terhadap Promosi Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Merapi, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DEVI CHYNTIA DEWI 141260010 - Devi Chyntia Dewi.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Bank syariah dilihat dari sisi perkembangannya saat ini tidak ketinggalan dengan kemajuan seperti halnya bank konvensional. Perbankan konvensional yang menerapkan sistem bunga berjalan berdampingan dengan perbankan syariah yang menerapkan sistem bagi hasil. Permasalahan yang dihadapi bank syariah adalah rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap perbankan syariah terutama yang disebabkan dominasi perbankan konvensional sehingga perbankan syariah masih dianggap sebelah mata. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Kelurahan Merapi terhadap promosi produk perbankan syariah (studi kasus di Kelurahan Merapi Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah).

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Kelurahan Merapi. Adapun sifat dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari masyarakat sedangkan sumber data sekunder yang peneliti gunakan berasal dari sumber bacaan atau buku-buku terkait yang berkaitan dengan judul penelitian. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknis analisis data kualitatif.

Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa kebanyakan masyarakat Kelurahan Merapi belum mengetahui tentang bank syariah baik sistem maupun produk-produk yang ditawarkan bank syariah. Hanya sebagian masyarakat yang sudah mengetahui adanya bank syariah namun belum memahami dengan jelas mengenai sistem dan produk-produk bank syariah. Sebagian masyarakat lainnya menganggap bahwa bank syariah dengan bank konvensional sama, hanya istilah istilahnya saja yang berbeda. Hal ini tidak terlepas akibat kurangnya promosi dan sosialisasi yang dilakukan pihak bank syariah, baik yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat maupun melalui media cetak, media elektronik serta media sosial sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:56
Last Modified: 04 Oct 2021 06:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4520

Actions (login required)

View Item View Item