Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda

Febriani, Triska Ayu (2021) Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI TRISKA AYU FEBRIANI - 1701010253 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pemberian tugas merupakan cara yang diterapkan pendidik dalam menciptakan hubungan dengan peserta didik dalam rangka penyampaian bahan ajar. Hasil belajar merupakan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat perubahan perilaku yang bersangkutan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Darul Quran Al Islamiyah Kalianda.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yaitu 38 peserta didik, dan yang menjadi sampelnya berjumlah 38 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, Observasi. Dalam penenlitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat dan uji koefisien kontingensi Hasil menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian diperoleh Chi Kuadrat hitung anata pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak yaitu 12,01, kemudian hasil tersebut dikonsultasikan dengan Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9.488. lalu hasil perhitungan koefisien kontingensi dengan hasil Chitung 0,490 dan Cmax 0,816 maka pemberian tugas memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 60,04 dalam mempengaruhi Hasil Belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda. Dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% maka hipotesis no (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini signifikan, dalam arti hipotesis yang menyatakan “Bahwa ada pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda” diterima.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Darul Quran Al-Islamiyah Kalianda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:19
Last Modified: 05 Nov 2021 08:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item View Item