Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Daarul Ulya’ Kota Metro

Nurpajar, Iqbal (2021) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Daarul Ulya’ Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IQBAL NURPAJAR - PAI - 14114511.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Sekolah adalah lembaga atau lingkungan belajar untuk para siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dibawah pengawasan guru. Di Indonesia, bahkan di dunia memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Lingkungan belajar merupakan tempat dan sumber belajar setiap individu. Lingkungan belajar yang baik dan layak akan memberikan dampak terhadap hasil belajar setiap siswa. Adanya fenomena tentang sekolah hanya dijadikan tempat untuk merokok, hanya untuk bergaya, bolos, dan datang terlambat yang berdampak terhadap hasil belajar siswa sehingga menarik minat penulis untuk meneliti lebih mendalam mengenai hal tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran agama islam di SMK Daarul Ulya Kota Metro. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Hipotesis yang ditetapkan menggunakan uji dua pihak (two failed). Tekhnik analisis yang digunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Perhitungan statistik menggunakan SPSS for windows version 22. Penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa secara parsial.

Berdasarkan identifikasi masalah, hipotesis, dan hasil pengujian yang telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran agama islam di SMK Daarul Ulya maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1 Hasil uji analisis lingkungan belajar menunjukan bahwa lingkungan belajar sudah baik. Dibuktikan dengan dalam penerapannya lingkungan belajar di SMK Daarul Ulya sudah memenuhi standar nasional yang membuat siswa nyaman, aman, dan semangat dalam belajar. 2 Hasil uji analisis hasil belajar menunjukan bahwa hasil belajar sudah baik. Dibuktikan dengan dalam pelaksanaannya hasil belajar bergantung sekali dengan lingkungan belajar, karena jika lingkungan belajar tersebut mendukung maka semangat siswa dan kreatifitas siswa dapat berkembang dan hasil belajar yang didapat akan memuaskan. 3 Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMK Daarul Ulya.

Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:52
Last Modified: 04 Oct 2021 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4535

Actions (login required)

View Item View Item