Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Huda Seputih Raman Tahun Pelajaran 2020/2021

Sari, Anita (2021) Pengaruh Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Huda Seputih Raman Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Anita Sari (1701010198) - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu hal yang tidak terlepas dari sebuah kegiatan pembelajaran.Untuk mencapai hasil belajar yang baik diperlukan sebuah desain pembelajaran yang tepat sasaran. Berdasarkan hasil prasurvey yang telah dilakukan, permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu guru sudah menerapkan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sesuai dengan prosedur pengaplikasiannya, akan tetapi hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah rata-rata. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Huda Seputih Raman tahun pelajaran 2020/2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Huda Seputih Raman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai penggunaan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, yang ditujukan kepada siswa kelas VIII.A sebanyak 34 responden yang terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan Cluster Random Sampling. Sedangkan, dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang dibutuhkan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Huda Seputih Raman Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 23.1026 > xtabel signifikan 5% dengan harga 16.919. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, dengan tingkat pengaruh yang sangat kuat sebesar 75%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:52
Last Modified: 04 Oct 2021 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item