Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Produk Pangan Lokal Bahan Dasar Singkong Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur)

Kencana, Aprilia Pratiwi (2021) Strategi Pengembangan Produk Pangan Lokal Bahan Dasar Singkong Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Aprilia Pratiwi Kencana 1602040063 - rike safitri.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan suatu bentuk kegiatan manusia yag berkaitan dengan kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan sebuah produk. Agar produk yang dihasilkan dapat berkembang dengan baik maka diperlukan suatu strategi pengembangan produk. Strategi pengembangan produk diperlukan untuk meningkatkan nilai dan benefit dari sebuah produk barang atau jasa yang dihasilkan agar efisien, melalui pemanfaatan pengetahuan dan keterampilan. Strategi pengembangan produk yang digunakan para pelaku usaha olahan singkong Kecamatan Raman Utara Lampung Timur untuk meningkatkan ekonomi kreatif yaitu dengan cara memberikan inovasi baru terhadap produk yang dihasilkannya dari segi varian rasa dan bentuk. Dengan adanya inovasi baru tersebut produk olahan singkong ini dapat terus bertahan hingga sekarang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Produk Pangan Lokal Bahan Dasar Singkong dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus Kecamatan Raman Utara Lampung Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitia lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh dari pemilik usaha dan karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa para pelaku usaha sudah menjalankan strategi pengembangan produk dengan baik dengan cara selalu menghasilkan produk berkualitas dan bermutu baik, melakukan inovasi terhadap produk dengan menambah varian rasa produk yang dihasilkan, dalam proses produksi dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar secara keseluruhan sudah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam yaitu halal, baik, aman, dan tidak merusak lingkungan, serta selalu berupaya mengembangkan inovasi melalui peningkatan keterampilan dan kreatifitas yang dimiliki dengan pelatihan yang diadakan pemerintah Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur.

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Ekonomi Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:52
Last Modified: 04 Oct 2021 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item