Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017

Choiriyah, Siti (2019) Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SITI CHOIRIYAH (NPM.1502040110) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya hidup dan kelompok acuan terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kosmetik merek wardah oleh mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2017. Untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan kosmetik merek wardah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Penelitian lapangan atau sering disebut penelitian field research. Penelitian yang peneliti lakukan bersifat korelasi kuantitatif. Populasi yang dijadikan peneliti sebagai subyek penelitian adalah semua mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro angkatan 2017 yang berjumlah 128 mahasiswi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan 56 responden yaitu mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2017 yang menggunakan produk wardah. Dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 16 yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku mahasiswi sedangkan variabel kelompok acuan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap perilaku mahasiswi. Kemudian melalui uji determinasi bahwa variabel gaya hidup dan kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap perilaku mahasiswi . Adjuster R square sebesar 0,150 menunjukkan bahwa sebesar 15% variasi perilaku mahasiswi bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 85% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata kunci: Gaya Hidup, Kelompok Acuan, dan Perilaku Konsumen (Mahasiswi)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:33
Last Modified: 02 Jan 2020 08:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item