Primanda, Dimas (2021) Efektivitas Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 3 Sripendowo Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FIX - dimas primanda.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Wabah COVID-19 (Corona Virus Disease) yang dikenal dengan istilah pandemi virus corona mengharuskan adanya social distancing (pembatasan sosial) atau menjaga jarak antara individu dengan individu lainnya. Hal ini mengakibatkan harus dilakukannya kebijakan dari Pemerintah agar semua aktifitas dapat dilakukan di rumah. Bekerja dari rumah, beribadah di rumah bahkan sekolah juga dilaksanakan di rumah masing-masing dengan media daring atau dikenal dengan sekolah online. Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Kemudahan belajar yang telah ditawarkan oleh Pemerintah, tidak sepenuhnya diindahkan oleh peserta didik. Hal tersebut dikarenakan banyak dari mereka yang merasa bosan dan kelelahan akibat banyaknya tugas yang diberikan oleh pendidik.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah efektivitas pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Sripendowo Kabupaten Lampung Timur?, 2) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Sripendowo Kabupaten Lampung Timur?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Efektivitas pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Sripendowo Kabupaten Lampung Timur, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Sripendowo Kabupaten Lampung Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: pertama, Efektivitas pembelajaran online pada mata pelajaran PAI kurang maksimal, karena ketika pembelajaran dilakukan secara online ini pemahaman peserta didik terkait materi pelajaran semakin berkurang. Selain itu, pembelajaran online ini membuat motivasi dan minat belajar peserta didik menurun, karena peserta didik mengalami kebosanan ketika belajar secara online dan hanya menatap layar HP, sehingganya hasil belajar peserta didik pun menurun. Kedua, Faktor pendukung dalam pembelajaran online atau daring adalah tersedianya jaringan internet yang stabil, dan adanya subsidi kuota dari kemendibud. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran daring atau online di SDN 3 Sripendowo yaitu: kurangnya minat dan semangat peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 07:53 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 07:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4543 |
Actions (login required)
View Item |