Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fikih MTsN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021

Sriwinarti, . (2021) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fikih MTsN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SRIWINARTI 1701010180 - Sri Winarti.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang efektif. Dalam proses pembelajaran, pada mata pelajaran fikih ini lebih ditekankan pada praktik sehingga penggunaan metode demonstrasi ini akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Lampung Timur.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII mata pelajaran fikih MTsN 1 Lampung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode demosntrasi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII mata pelajaran fikih MTsN 1 Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yaitu 320 siswa dengan sampel 32 siswa. Dengan menggunakan teknik Cluster sampling untuk menentukan sampel. Teknik analisa data yang digunakan adalah Chi kuadrat dan koefisiensi kontingensi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket ini ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang metode demonstrasi, dan dokumentasi untuk mencari data mengenai kemampuan kognitif siswa terkait hasil belajar fikih, sejarah berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, struktur organisasi, denah lokasi MTsN 1 Lampung Timur.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII MTsN 1 Lampung Timur. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 16,8282 lebih besar dari xtabel pada signifikan 5%, dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan (Ho) ditolak dengan tingkat pengaruh sangat kuat.

Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII MTsN 1 Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:21
Last Modified: 04 Oct 2021 08:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item