Dayanti, Ninda Lena Dwi (2021) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NINDA LENA DWI DAYANTI 1701010061-1 - Ninda Lena Dwi Dayanti.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan dorongan yang menyebabkan seseorang bertindak atau berbuat dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang dikehendakinya. Seseorang mempunyai tujuan dalam aktivitas belajarnya, maka orang tersebut mempunyai motivasi yang kuat untuk mencapai tujuannya dengan segala upaya yang dapat ia lakukan. Siswa kelas V MIN 1 Metro Pusat rata-rata motivasi belajar siswa belum cukup baik sehingga mempengaruhi aktivitas belajar siswa kelas V MIN 1 Metro Pusat. Sesuai dengan latar belakang masalah yang ada, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar siswa kelas V MIN 1 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar siswa kelas V MIN 1 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2020/2021? Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian bersifat korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Metro Pusat dengan jumlah 118 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini yaitu kelas Va yang berjumlah 29 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling karena obyek yang akan diteliti atau sumber sangat luas dan bersifat homogen (sama). Tehnik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh harga rxy sebesar 0,60. Dari tabel interpretasi koefisien korelasi diketahui bahwa nilai rxy sebesar 0.60 berada diantara nilai 0,60 sampai dengan 0,799, sehingga dapat diketahui bahwa hubungan variabel X (motivasi belajar) dengan variabel Y (aktivitas belajar) siswa kelas V MIN 1 Metro Pusat tergolong kuat. Kemudian dari harga rxy dilakukan pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi dengan menggunakan rumus uji t sehingga dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,8925. Selanjutnya dari hasil thitung dibandingkan dengan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu diperoleh harga thitung 3,8925 lebih besar dari ttabel 2,051 yakni 3,8925 > 2,051, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa “Ada hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar siswa kelas V MIN 1 Metro Pusat tahun pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 08:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4559 |
Actions (login required)
View Item |