Muslimah, Khusnul (2021) Implementasi Aktivitas Menggambar Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI KHUSNUL MUSLIMAH - 1601030005-PIAUD.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah anak usia 0-8 tahun yang mana pada masa ini dikenal bersifat unik karena memiliki enam aspek perkembangan salah satunya yaitu motorik halus. Motorik halus adalah gerakan koordinasi antara mata dengan tangan sehingga mempengaruhi gerak otot kecil seperti jari tangan, lengan dan pergelangan tangan. Menggambar adalah suatu usaha yang dilakukan oleh anak membuat atau membentuk sebuah gambar dengan menggoreskan pensil pada kertas, diding ataupun papan tulis sehingga menjadi sebuah gambar yang bagus dan menarik jika dilihat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi aktivitas menggambar dalam mengembangkan motorik halus anak dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi Aktivitas menggambar dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang implementasi aktivitas menggambar dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan menunjukkan hasil yang baik. Dengan adanya implementasi aktivitas menggambar motorik halus peserta didik dapat berkembang dengan baik seperti mampu menggambar bentuk, mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar serta menggambar sesuai dengan gagasan yang sesuai dengan tema pembelajaran dari berbagai kegiatan tersebut motorik halus anak bekerja dengan baik dan terus dapat terlatih dengan maksimal. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah guru sebagai pendidik yang kreatif dalam menyampaikan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan kriteria, peserta didik yang aktif dan memahami pembelajaran menggambar. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran menggambar yaitu kurangnya minat belajar peserta didik, gerak fisik yang belum maksimal, dan rangsangan yang kurang.
Kata Kunci: Perkembangan Motorik Halus, Aktivitas Menggambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 08:21 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4563 |
Actions (login required)
View Item |