Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Remaja Islam Masjid (RISMA) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA AL-Hidayah Tanjung Tirto Way Bungur

Fauzi, Muhammad (2021) Peran Remaja Islam Masjid (RISMA) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA AL-Hidayah Tanjung Tirto Way Bungur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FAUZI - Fauzii M.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Anak adalah generasi penerus dan merupakan tulang punggung kemajuan bangsa, negara dan agama di masa yang akan datang, maka dari itu seorang anak harus dibekali dengan kemampuan membaca al-Qur’an. Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu pendidikan non formal yang akan membuat anak bisa lebih mendalami tentang ajaran Agama terutama mengenai kemampuan membaca al-Qur’an. Melalui Taman pendidikan al-Qur’an seorang anak dapat dididik dengan tenaga pendidik yang pada umumnya disebut Ustadz dan Ustadzah, dalam mengajarkan membaca al-Qur’an kepada santri TPA Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru TPA dalam meningkatakan kemamapuan membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Quran Al-Hidayah Tanjung Tirto Way Bungur dan apa hambatan guru TPA dalam
meningkatakan kemamapuan membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Quran Al-Hidayah Tanjung Tirto Way Bungur
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan alQuran al-Hidayah Tanjung Tirto Way Bungur Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana “peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an ”, sehingga penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TPA dan santri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dan dokumentasi.
Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama dengan data reduction, data display , dan terakhir adalah Conclution drawing/ verification Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, terdapat lima peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran Al-Hidayah Tanjung Tirto Way Bungur. Pembagian kelas serta penggunaan metode baca simak dapat membantu santri dalam memahami, melafalkan bacaan ayat sesuai dengan makhrojil hurufnya dan kaidah-kaidah ilmu tajwid karena langsung dihadapkan oleh para ustad dan ustadzah. Proses belajar pelafalan memerlukan keaktifan, kehadiran santri secara kontinyu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:39
Last Modified: 08 Oct 2021 06:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item