Suyani, . (2018) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SUYANI.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru adalah perilaku berkarya, berpenampilan atau hasil karya manusia yang ditugasi membimbing, mengajar, melatih para siswa. kinerja guru pada dasarnya merupakan kinerja atau unjuk kerja yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kinerja guru yang dimaksud adalah hasil kerja guru yang terefleksi dalam cara merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses belajar mengajar. Kepemimpinan Kepala Sekolah diharapkan mempunyai kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, membimbing, memerintah, membina guru, sehingga lahir etos kerja, kretifitas dan produktifitas yang tinggi dalam mencapai tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah. 2) Faktor pendukung kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah. 3). Faktor penghambat kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah. 4) Upaya untuk mengatasi hambatan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Jabung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan disuatu tempat dipilih sebagai lokasi dan objektif penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mengungkap keadaan yang terjadi di lapangan secara alamiah. Sumber data utama penelitian kualitatif ialah kata-kata atau narasi dan tindakan, dan data tambahan seperti dokumentasi. Informan adalah orang seperti kepala sekolah dan guru yang faham dan dapat memberikan informasi tentang situasi penelitian. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa .1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru yaitu kepala sekolah mampu mengkondisikan guru untuk mengajar melalui perencanaan pembelajaran, program semesteran program rencana pembelajaran, kalender pendidikan. 2) Faktor pendukung kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru yaitu: Guru yang kompeten dan memadai yang bertugas dalam proses pembelajaran, Input siswa yang melalui seleksi, peningkatan kualitas sumber daya manusia. 3) Faktor penghambat belum memenuhi kualifikasi pendidik, karena masih ada beberapa guru yang pendidikanya masih sederajat sudah mengajar di madrasah. Kurangnya imput siswa karena banyaknya faktor jauhnya sekolah dari tempat tinggal siswa, dan orangtua siswa memilih madrasah yang dekat dari rumanya masing-masing. 4) Upaya mengatasi hambatan yaitu memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan, menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid, pengambilan keputusan dengan mufakat bersama masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 01:47 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 02:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/458 |
Actions (login required)
View Item |