Sari, Linda Purnama (2021) Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN 2 Ratna Daya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
LINDA PURNAMA SARI 1701050063 - linda purnama sari.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting, karena dengan penguasaan konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari suatu materi pelajaran. Pemahaman memfokuskan siswa bahwa pentingnya belajar secara bermakna dan mendalam bahwa tidak hanya hafal ataupun tahu melainkan juga memahami suatu materi dengan baik. Dengan pemahaman konsep yang baik akan membantu siswa untuk dapat memecahkan masalah-masalah baru dalam belajar dan menggunakan penalaran berpikir.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN 2 Ratna Daya? Dan Apa faktor pendukung dan penghambat kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN 2 Ratna Daya? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN 2 Ratna Daya, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN 2 Ratna Daya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Ratna Daya. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis kemudian data dianalisis menggunakan triangulasi dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajran matematika materi bangun ruang kelas V di SDN 2 Ratna Daya dapat dikategorikan sudah baik. Siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan konsep berdasarkan sifat-sifatnya, dan dapat memberi contoh dari suatu konsep. Dari nilai hasil pemahaman siswa pada materi bangun ruang bahwa presentase keseluruhan telah mencapai 90% siswa yang sudah mencapai nilai diatas standar nilai minimum. 2) Faktor pendukung dan pemahaman konsep siswa: faktor pendukung yaitu: a) Fasilitas, b) Tenaga Pendidik, c) Motivasi dan pendampingan belajar orang tua, dan d) Daya serap siswa yang baik. Faktor Penghambat yaitu: a) Kurangnya antusis dan giat belajar siswa, b) Lingkungan sekitar yang kurang mendukung, dan c) Kurangnya perhatian orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 06:48 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4584 |
Actions (login required)
View Item |